19 February 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeBeritaUMK Singkawang 2023, Gubernur Kalbar Telah Menetapkan UMK 13 Kabupaten/Kota

UMK Singkawang 2023, Gubernur Kalbar Telah Menetapkan UMK 13 Kabupaten/Kota

Singkawang,Kalbar Sepekan, 7 Desember 2022 – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, telah mengumumkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Tahun 2023 untuk 13 Kabupaten/Kota di wilayah Kalbar. Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat, Manto, memberikan pernyataan resmi terkait penetapan UMK ini.

Manto menjelaskan bahwa Gubernur telah menetapkan UMK Tahun 2023 untuk sebagian besar Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat. Namun, ada satu Kabupaten yang belum mengajukan usulan UMK 2023, yaitu Mempawah. Oleh karena itu, UMK Mempawah akan mengikuti nilai Upah Minimum Provinsi (UMP) Kalimantan Barat tahun 2023 jika tidak ada usulan yang diajukan.

UMK Singkawang 2023

Salah satu Kabupaten/Kota yang UMK-nya telah ditetapkan adalah Singkawang. Untuk Tahun 2023, UMK Singkawang telah resmi ditetapkan sebesar Rp 2.781.898,83. Angka ini menandai peningkatan sebesar 7,16 persen dibandingkan dengan UMK tahun 2022 yang sebesar Rp 2.596.120,45.

Peningkatan UMK ini merupakan respons terhadap kondisi ekonomi dan inflasi yang terjadi. Dengan menaikkan UMK, diharapkan para pekerja di Singkawang dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan lebih baik.

Pengaruh Penetapan UMK di Kabupaten/Kota Lainnya

Selain Singkawang, UMK juga telah ditetapkan di Kabupaten/Kota lainnya di Kalimantan Barat. Ini akan berdampak langsung pada para pekerja di wilayah tersebut, karena UMK menjadi dasar perhitungan upah bagi sebagian besar pekerja di sektor formal.

Beberapa Kabupaten/Kota lainnya di Kalbar yang juga telah menetapkan UMK Tahun 2023 antara lain Pontianak, Bengkayang, Sintang, Ketapang, dan Sambas. Penetapan UMK ini bertujuan untuk memastikan bahwa upah yang diterima oleh pekerja di Kalbar sesuai dengan kebutuhan hidup mereka dan kondisi ekonomi setempat.

UMK sebagai Dasar Perhitungan Upah

UMK atau Upah Minimum Kabupaten/Kota adalah besaran upah yang ditetapkan oleh pemerintah daerah untuk pekerja di wilayah tersebut. Besaran UMK berbeda-beda setiap tahunnya dan dapat bervariasi antar Kabupaten/Kota. UMK digunakan sebagai dasar perhitungan upah pekerja di sektor formal.

Pengumuman UMK Tahun 2023 ini memberikan gambaran kepada pekerja di Kalimantan Barat tentang besaran upah minimum yang akan berlaku pada tahun mendatang. Para pekerja diharapkan dapat memanfaatkan informasi ini dalam perencanaan keuangan dan pemenuhan kebutuhan hidup mereka.

Pertanyaan Terkait UMK dan UMR

Beberapa pertanyaan terkait UMK dan UMR (Upah Minimum Regional) di berbagai daerah di Indonesia adalah hal yang umum. Pertanyaan seperti berapa gaji UMR Jakarta 2023, berapa gaji UMR di Padang, apa singkatan UMR, dan berapa gaji UMR di Jambi sering muncul dalam konteks pembahasan mengenai upah pekerja di Indonesia. Gaji UMR atau UMK di setiap daerah dapat berbeda-beda dan biasanya diumumkan oleh pemerintah setempat setiap tahunnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular