16 October 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeBeritaPLBN Jagoi Babang Telah Diresmikan Presiden Jokowi

PLBN Jagoi Babang Telah Diresmikan Presiden Jokowi

Timur Tengah Utara (Kalbar Sepekan) – Presiden Joko Widodo secara resmi meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, pada Rabu, 2 Oktober 2024. Peresmian ini dilakukan melalui video conference yang dipusatkan di PLBN Terpadu Napan, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), bersama enam PLBN lainnya di berbagai wilayah Indonesia.

Pjs. Bupati Bengkayang, Drs. H. Manto, M.Si, menghadiri peresmian tersebut di lokasi PLBN Jagoi Babang, yang berada di Jln. Dwikora, Dusun Jagoi, Desa Jagoi Babang. PLBN Jagoi Babang menjadi salah satu dari tujuh PLBN yang diresmikan serentak oleh Presiden Jokowi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menegaskan pentingnya pembangunan PLBN di kawasan perbatasan sebagai bagian dari representasi wajah Indonesia di mata dunia. “Perbatasan adalah beranda depan negara kita. Wajah negara kita terlihat dari bagaimana kita membangun dan mengelola PLBN ini,” kata Jokowi.

Selain untuk memperkuat pertahanan negara, Presiden juga menekankan bahwa pembangunan PLBN bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah perbatasan. “PLBN ini tidak hanya sebagai penjaga perbatasan, tapi juga pusat aktivitas ekonomi yang bisa mendorong kesejahteraan masyarakat di daerah perbatasan,” lanjut Presiden.

Pembangunan PLBN Jagoi Babang sendiri menghabiskan anggaran sebesar Rp224 miliar. Ini merupakan bagian dari total anggaran Rp1,3 triliun yang dialokasikan untuk pembangunan tujuh PLBN di berbagai wilayah, termasuk PLBN Napan di NTT, PLBN Serasan di Kepulauan Riau, PLBN Sei Nyamuk dan Labang di Kalimantan Utara, PLBN Yetetkun di Papua Selatan, dan PLBN Long Nawang di Kalimantan Utara.

Sejak 2015, pemerintah telah membangun 15 PLBN sebagai upaya pemerataan pembangunan hingga ke wilayah terluar Indonesia. Tujuh PLBN selesai dibangun pada periode 2015-2019, sedangkan delapan PLBN lainnya, termasuk Jagoi Babang, diselesaikan pada periode 2020-2024.

Presiden Jokowi berharap keberadaan beberapa PLBN ini tidak hanya mempermudah layanan lintas batas bagi masyarakat, tetapi juga memperkuat kecintaan masyarakat perbatasan terhadap Indonesia. “Saya berharap masyarakat di perbatasan semakin bangga dengan negaranya dan PLBN ini menjadi penggerak roda ekonomi,” ujar Jokowi.

Peresmian ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi lainnya, termasuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, serta pejabat daerah dari Kalimantan Barat dan NTT.

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Iklan Kami -spot_img

Most Popular